Sabtu, 22 Oktober 2011

postheadericon Casing Komputer

Casing Komputer adalah kotak atau rumah komputer untuk meletakan Processor (CPU), Motherboard dan peranti yang lain. Pada casing ini juga digunakan sebagai tempat untuk melindungi motherboard, floppy drive, power supply , hard disk drive dan komponen-komponen yang lain.




Fungsi Casing Komputer:
1. Melindungi berbagai komponen di dalamnya dari debu, panas, air, atau kotoran lainnya pada saat bekerja.
2. Casing merupakan perangkat penting dimana hampir semua komponen komputer seperti motherboard, CD-ROM drive,DVD-ROM , hard disk, dan floppy drive menggunakan casing ini sebagai tempat perlindungan di slot-slot tersendiri di setiap ruang casing yang tersedia.
3. Exhaust fan yang berfungsi sebagai pendingin ruang juga menggunakan casing sebagai tempat beroperasi mengawal suhu dalam CPU.
4. Casing juga berfungsi untuk meletakkan accesories seperti lampu led, kipas dan lain-lain.
5. Casing juga berfungsi sebagai tempat power supply yang memberikan daya untuk semua komponen
Jenis casing komputer adalah berdasarkan bentuknya, iaitu:
1. Casing desktop
2. Casing tower
Casing Desktop

Casing desktop adalah casing yang berbentuk seperti kotak yang memiliki ukuran lebar kira-kira 30-40 cm dan panjangnya kira-kira 50-60 cm. Secara umum casing desktop dijadikan tumpuan monitor. Casing desktop kosong yang dipasarkan pada ketika ini sudah dilengkapi dengan power supply unit (PSU), speaker, lampu untuk hard disk, lampu power, lampu turbo, dan kabel-kabel lampu.
Casing Tower

komputer terkini menggunakan casing tower, ia mempunyai ruang di dalam casing komputer lebih luas serta suhu dalam casing komputer tidak terlalu cepat panas dan juga lebih mudah dalam menambah komponen lainnya. Casing komputer jenis tower terdiri dari:
a. Mini tower
Casing mini tower dan middle tower pada dasarnya hampir sama. Perbedaanya di antara kedua jenis tersebut adalah dari segi ukuran, baik tinggi, lebar atau panjangnya.
b. Middle tower
Casing tower dipasaran juga sudah dilengkapi dengan power supply unit (PSU), lampu power, lampu turbo,lampu hard disk dan kabel-kabel lampu.

0 komentar:

Arsip Blog

Selamat Datang

Sebelumnya saya berterima kasih sudah berkunjung di blog saya. Blog ini adalah hasil pengalaman saya di dunia komputer dan jaringan. Saya akan berbagi ilmu yang telah saya pelajari kepada anda-anda semua...


Selamat Berkunjung,,,

Diberdayakan oleh Blogger.

Jam

Kalender

Visitor